Rabu 9 Maret 2022 09:00 amronalyw – Berita Kota Makassar

MAKASSAR, BKM– BASAsulsel Wiki bekerja sama BASAbali Wiki menggelar iskusi milenial bertema Sakranna Anak Mudayya, Selasa (8/3). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari setahun kehadiran BASAsulsel Wiki. Diskusi dilaksanakan di Rumata’ Artspace Jalan Gunung Sari, Bontonompo, Makassar.
BASAsulsel Wiki menjadi sarana bagi milenial untuk berpartisipasi dalam isu publik dengan menggunakan bahasa Makassar. Koordinator Program BASAsulsel Wiki Wildhan Burhanuddin, mengatakan sejauh sudah beberapa kali pihaknya melaksanakan kegiatan. Salah satunya menggelar diskusi yang melibatkan kaum milenial terkait penggunaan bahasa Makassar.

“Kami mengajak kaum milenial untuk bergabung melestarikan bahasa kita. Jangan malu menggunakan bahasa daerah kita di tengah gempuran globalisasi. Kita menawarkan kerja sama dalam rangka menyosialisasikan gerakan kebudayaan,” ujar Wildhan di sela-sela diskusi.
Acara ini menghadirkan Ketua Dewan Pembina BASAbali Wiki I Gde Nala Antara dan Direktur Komunikasi BASAbali Wiki Ni Nyoman Clara Listya Dewi. Juga Asiz Nojeng dari Himpunan Pelestari Bahasa Daerah (HPBD), konten creator Makassar Rijal Djamal, serta Selegram Makassar Daeng Konjo.
“Kita berharap milenial bisa menjadi penggerak dalam mengajak sesamanya untuk mampu menyalurkan ide mereka terkait isu publik yang terkait, tapi dalam bahasa Makassar,” ujar Asiz Nojeng dari HPBD Sulsel.
Kepala Dinas Pariwisata Makassar Moh Roem menyampaikan di hadapan peserta diskusi yang didominasi milenial, untuk peduli bahasa dan mau menggunakan bahasa daerah.

“Saya mewakili pemerintah mengajak kita semua peduli terhadap bahasa daerah yang ada di Sulsel. Saya juga menyampaikan kepada BASAbali, selamat pulang kampung karena Kota Makassar bukan hanya milik satu dua orang, tapi miliknya Indonesia,” jelasnya.
Menurutnya, upaya pemertahanan bahasa daerah harus terus dilakukan. ”Karena kalau gerakan seperti ini tidak dimulai, maka kita bisa lupa, padahal kekayaan budaya dan perlu dilestarikan. Logat kita itu paling mudah diingat, mengajak kita semua budayakan bahasa daerah kita dan kami siap membantu,” tandasnya. (ita)

Sumber: https://beritakotamakassar.com/berita/2022/03/09/basasulsel-wiki-ajak-milenial-lestarikan-bahasa-daerah/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.