Pada public conversation yang dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2021, Para peserta yang hadir adalah mahasiswa, yang berumur dari 18 – 20 tahun. Dari diskusi publik ini kami membatasi umur peserat yaitu dari umur 16-30 tahun. Dalam diskusi public yang dilaksanakan dengan tema pendidikan Makassar ditengah Pandemi covid 19. Tema ini kami angkat karena isu pendidikan menjadi isu yang terjadi saat ini.

Terkhusus untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar Kembali memperpanjang Proses Belajar Daring. Hingga 25 Juni 2021 mendatang. Pasalnya pandemi Covid-19 tak kunjung surut. Hal itu juga sesuai dengan surat edaran Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dengan Nomor 420/3450/Disdik yang 420 SE Mendikbud Nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendisikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19.

Selain itu, Tiga Sekolah Menengah Atas (SMA) Makassar, Sulawesi Selatan resmi melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka terbatas. Untuk uji coba pembelajaran tatap muka terbatas dilakukan SMA Negeri 21, SMA Negeri 4, dan SMA Negeri 2 Makassar.

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka terbatas ini dilakukan setelah mendapatkan keluhan masyarakat selama belajar daring.

Situasi yang terjadi sekarang ini di kota Makassar, untuk masyarakat sangat gelisah karena tidak adanya aturan tentang pelaksanaan pembelajaran Tatap Muka dari Pemerintah. Untuk kalangan Mahasiswa di Makassar telah melakukan aksi protes terhadap pemerintah terkait pembelajaran daring. Kondisi saat ini menjadikan pelaksanaan Pendidikan di Kota Makassar sangat tidak jelas. Apalagi penanganan pandemic Covid -19 telah kunjung selesai. Sementara pembelajaran tatap muka harus dilaksanakan. Pemerintah seharusnya menyiapkan fasilitas dan aturan yang baik jika tetap ingin melaksanakan pembelajaran tatap muka. Mulai dari kesiapan fasilitas di sekolah dan kampus. Seperti apa pelaksanaan teknis dalam mengajar, jumlah peserta didik dan lain-lain. Dan ini hanya terjadi di kota Makassar untuk kabupaten di Sulawesi Selatan, telah melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Sementara Prinsip kebijakan pendidikan di masa pandemi Covid-19 adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat pada umumnya, serta mempertimbangkan tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psikososial dalam suatu upaya pemenuhan layanan pendidikan di masa pandemi Covid-19.

Maka dari itu, pada lomba wikithon Pertama ini, Tim Basaibu Makassar mengangkat tema “Apakah kita masih daring?” topik tersebut dimaksudkan agar para kaum milenial memberikan aspirasi mereka terkait isu di kota Makassar dan Gowa. Mereka akan menuangkan ide, saran, dan gagasannya terkait pembelajaran daring melalui Lomba Wikithon berbentuk Video. Dari topik ini Tim akan melihat apakah kaum milenial setuju atau tidak setuju dengan pelaksanaan pembelajaran daring ini? Aspirasi ini akan membuat pemerintah mendengar dan melihat secara langsung seperti apa keluh kesah masyarakat dan selain itu aspirasi tersebut akan menjadi pertimbangan langkah pemerintah dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka.

Setelah pelaksanaan Public Conversation Tim Basaibu Makassar, Tim Basaibu mengambil kseimpulan untuk dilaksanakan sosialisasi terkait lomba wikithon. Berhubung jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pada Webinar Pakrappunganta hanya 50 orang yang semuanya adalah mahasiswa.

Bentuk Sosialisasi yang dilaksanakan adalah dengan turut langsung memberikan workshop tentang teknis lomba wikithon. Karena tema kami adalah pembelajaran Daring maka kami fokus untuk mengajak Siswa SMA (berhubung rata-rata umur untuk Siswa SMA yang menduduki kelas 2 – 3, sudah berumur 16 tahun) dan ini merupakan syarat millennial yang bisa mengikuti lomba. Selain itu, kami mengumpulkan Guru-Guru Bahasa Daerah dan meminta untuk dibantu mendampingi siswanya pada lomba wiktihon ini. Selain itu, untuk Mahasiswa kami langsung menghubungi dosennya untuk masuk dalam kelas mengajarnya, dan mempresentasikan lomba Wikithon.

Berikut ini persyaratan dari Lomba Wikithon Pertama.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *