Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik terbesar kedua setelah Tiongkok. Ada sekitar 185.753 ton sampah setiap harinya dihasilkan oleh 270 juta penduduk. Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan mencemari lingkungan. Plastik yang berakhir sebagai sampah akan hancur tapi tidak dapat terurai, apalagi bila tidak dikelola.
Berdasarkan kondisi tersebut, maka penting melibatkan generasi millenial untuk berani mengemukakan ide dan pendapatnya tentang bagaimana langkah yang tepat untuk memecahkan permasalahan lingkungan dan mampu meneruskannya ke para pembuat kebijakan.

BASAbali Wiki, bekerja sama dengan Rumata’ Artspace-Makassar International Writers Festival di Makassar, Pulau Plastik, serta didukung oleh Unilever Indonesia dan Fondation Botnar, menyelenggarakan Wikithon #3 (kompetisi digital maraton) untuk mendorong generasi milenial untuk merancang, menerapkan, dan mengukur dampak pengurangan dan pengelolaan sampah di tingkatan rumah tangga, sekolah atau komunitas mereka.

Kompetisi Wikithon #3 diselenggarakan langsung melalui BASAibu Wiki, sebuah platform digital yang dikembangkan oleh komunitas. Ini adalah Wikithon ketiga dari rangkaian yang diadakan BASAbali Wiki dan Rumata’ Artspace-Makassar International Writers Festival yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi publik dalam isu-isu sipil.

Mengawali Wikithon, pada 4 September lalu telah dilaksanakan workshop Workshop Wikithon #3 “Mengolah Sampah – Konsisten Mengelola Sampah, Konsisten Menjaga Kesehatan Diri dan Alam.” dengan narasumber Robi Navicula, seorang musisi dan aktivis lingkungan.

Lokakarya dibuka oleh Bapak Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali dan acara ini terbuka untuk umum. Kompetisi Wikithon #3 akan digelar pada tanggal 4—27 September 2021 di Bali dan kompetisi serupa dilakukan di Makassar dil awal Oktober mendatang.

Kompetisi ini terbuka untuk umum dan masyarakat dapat berkomentar secara langsung dengan memberikan suara pada entri orang lain. Kompetisi akan dinilai oleh para dewan jur.

Tema Kegiatan
Kegiatan ini bertemakan

Bentuk Kegiatan
Acara dikemas dalam bentuk workshop. Pembicara akan membagikan materi mengenai cara membuat action plan pengolahan sampah dan peserta nantinya akan dibagi ke dalam breakout rooms untuk saling berdiskusi soal rencana implementasi pengelolaan sampah.
Kegiatan ini akan hadir dengan konsep berupa workshop yang dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom dengan kapasitas maksimal 300 peserta. Pada pelaksanaan kegiatan, narasumber berdiskusi dengan para peserta terkait waste management. Selanjutnya para peserta diajak untuk merancang action plan secara langsung pada sesi yang telah disiapkan. Action plan ini nantinya akan diunggah di laman basaibuwiki.org pada rak perpustakaan virtual: Environmental Initiatives.

TARGET KEGIATAN

Beberapa target umum yang akan dibahas dalam mini workshop ini, diantaranya:
1. Pembicara diharapkan mampu memberikan gambaran umum tentang waste management dan urgensinya.
2. Pembicara diharapkan mampu menjelaskan cara membuat action plan pengelolaan sampah dan cara untuk mengimplementasikannya.
3. Pembicara diharapkan mampu menjelaskan keterkaitan pengolahan sampah padat (waste management) dengan budaya Bali.

Adapun secara khusus, target dalam public conversation ini adalah:
Berdasarkan sudut pandang pembicara sebagai praktisi, diharapkan mampu memberikan pandangannya secara spesifik mengenai pengolahan limbah (waste management) dan cara membuat action plan.

Peserta
Bali dan Makassar (SMP;SMA;Umum)

Tonton ulang worksgopnya melalui tautan berikut:

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *