Ketentuan & Teknis Lomba WIKITHON Partisipasi Publik
Format Lomba Essai berbahasa Makassar atau Bugis

Deskripsi:
Indonesia merupakan bangsa majemuk yang memiliki beragam agama, ras, suku bangsa, bahasa, adat dan budaya. Kemajemukan ini menjadi keunikan bangsa dalam wujud Kebhinnekaan Nusantara, sudah sepantasnya bila Indonesia adalah bangsa dengan tingkat pluralistik terbesar di dunia. Tapi, bila hal ini tidak dapat dijaga dengan baik, maka sangat mungkin akan terjadi disintegrasi di dalam bangsa.

Sejarah telah mencatat bahwa Indonesia telah menghadapi tantangan perpecahan, berupa konflik sosial, politik, dan ekonomi. Di akar rumput konflik kekerasan menjadi tantangan sosial bangsa ini. Konflik kekerasan terjadi dihampir semua sektor dari lingkup terkecil seperti keluarga, masyarakat, lingkungan pendidikan, dunia kerja, dan daerah-daerah. Konflik memakan korban jiwa, anak kehilangan keluarga, aktivitas ekonomi terhambat, timbul rasa ketidakamanan, rasa saling membenci, saling curiga, serta rapuhnya nilai-nilai kebangsaan, rasa persaudaraan antar manusia.

Kerukunan antar umat beragama merupakan salah satu modal utama dalam menciptakan kerukunan nasional dan konsep Bhinneka Tunggal Ika adalah sebuah semboyan yang dijadikan semboyan/dasar kerukunan bangsa dari beragam suku dan kepercayaan.

Untuk konteks Sulawesi Selatan, Hasil Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) Sulawesi Selatan mencapai 74,6 atau di atas rata-rata indeks KUB nasional yang tercatat pada angka 72,39. Hal ini berdasarkan hasil survei yang dirilis Kemenag 2021 lalu. Tentu hal ini didukung dengan nilai-nilai budaya dengan kearifan lokal sipakatau, sipakainge’, sipakalebbi sangat yang menjadi salah satu indokator memperkuat kerukunan umat beragama di Sulawesi Selatan. KUB yang didasari dengan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal ini juga yang memperkuat hubungan persaudaraan ketika terjadi bencana maupun wabah seperti saat kondisi pandemi Covid-19. Di sisi lain, kerukunan antarumat ini penting karena menjadi faktor utama dalam mendongkrak perkembangan dan kemajuan pembangunan di suatu daerah.

Dasar toleransi keberagamaan di tengah masyarakat sejatinya masih cukup kuat, begitu pula dalam hal kebinekaan. Sayangnya kekuatan toleransi yang mengakar di masyarakat tersebut tidak bisa dijadikan acuan untuk mengukur keharmonisan yang tumbuh di tengah kehidupan masyarakat.
Harapannya melalui Lomba Essai ini turut berperan sebagai salah satu strategi untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang rukun dan damai

Ketentuan Lomba:

  1. Lomba ini gratis, tanpa dipungut biaya apapun.
  2. Lomba berbentuk essai, dengan maksimal jumlah kata 300 kata.
  3. Peserta adalah berupa individu, siswa SMA/sederajat
  4. Essai dapat menggunakan bahasa Makassar atau Bugis, boleh dikombinasikan dengan bahasa Indonesia atau dialek Makassar ataupun Bugis.
  5. Karya tidak mengandung unsur SARA dan pornografi.
  6. Peserta dapat mengupload karyanya dalam laman basasulselwiki.org. dengan mengunjungi tautan Wikithon berikut https://basasulselwiki.org/Help:Wikithon di situs basasulselwiki.org, dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Membuat akun di BASASulsel, jika telah ada akun sebelumnya silakan mengisi form pada setiap pertanyaan di formulir “buat Entri di Wikithon” dibuat singkat dan jelas (maksimal 300 kata)
    • Foto yang dimaksud adalah foto yang berhubungan dengan topik cerita.
    Cara mengunggah karya ke “Wikithon” dilampirkan di akhir halaman ini. Apabila mengalami kendala, bisa menghubungi panitia.
  7. Kompetisi akan berlangsung:
    • Unggahan Karya tanggal 1 Februari – 13 Februari 2023
    • Voting dan komentar 15-18 Februari 2023
    • Bagikan Karya Anda, dan ajak teman atau kerabat anda untuk melakukan Voting dan Komentar Terbaik selama lomba berlangsung.
    • Pengumuman 10 besar akan dilakukan pada 15 Februari 2023
    • Prentasi dan Pengumuman Pemenang Lomba tanggal 19 Februari 2023 di Rumata’ ArtSpace
  8. Kompetisi dibagi atas beberapa kategori kelompok dan pemenang:
    • Kategori SMA/Sederajat
    • Kategori Guru Terbaik (Guru SMA yang mengirimkan peserta terbanyak)
    • Kategori Favorit (satu karya yang mendapat voting terbanyak dari publik)
    • Kategori Komentar Terbaik
  9. Wikithon ini secara khusus diperuntukkan untuk Siswa/Siswi SMA/Sederajat
    • Juara 1: Rp. 1.000.000
    • Juara 2: Rp. 750.000
    • Juara 3: Rp. 500.000
    • Guru Terbaik: Rp. 750.000
    • Katergori Favorit: E-money Rp. 250.000
    • Kategori Komentar Terbaik: Merchandise BASASulsel
  10. Penjurian dilakukan oleh dewan juri yang berkompeten. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

Cara Mengunggah Karya (Ikut Lomba):

  1. Ketika mengunggah karya, disarankan menggunakan komputer atau laptop. Jika anda menggunakan gawai/handphone, disarankan menggunakan mode landscape.
  2. Buka situs basasulselwiki.org
  3. Anda dapat mengubah bahasa laman pada pojok kanan atas. Pada tutorial kali ini mari kita gunakan laman berbahasa Indonesia.
  4. Jika belum memiliki akun BASAsulsel Wiki, klik sign-up, masukkan username, email. Password/kata sandi sementara akan dikirimkan melalui email. Silahkan login menggunakan akun tersebut dan ubah kata sandi sesuai keinginan.
  5. Jika sudah pernah membuat akun sebelumnya, silahkan masuk/log-in, kemudian lengkapi data diri anda dengan cara klik Perorangan-pilih Preferensi-isi data diri anda pada kolom Profile Fields-kemudian klik Simpan.
  6. Lalu masuk ke laman Wikithon (pada deretan menu bagian atas)
    Scroll ke bawah dan klik tautan Wikithon berikut https://basasulselwiki.org/Help:Wikithon dan klik buat/create.
  7. Masukkan judul karya pada bagian title/judul yang tersedia.
  8. Silahkan pada masukkan essai pada kolom yang telah tersedia
  9. Detail tutorial unggah karya bisa cek di Instagram @basasulsel
    Jika masih ada kendala dalam proses unggah karya, jangan ragu untuk menghubungi narahubung kami:

    Narahubung:
    +62 831-3801-1402 (Mega)
    +62 831-3801-1402 (Igo)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *